Rabu, 02 Maret 2011

PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN INDONESIA

               Menurut saya perkembangan perekonomian indonesia saat ini lumayan bagus alasannya nilai tukar dollar pada saat ini hanya sekitar 8000 rupiah per dolar. jika dibandingkan dengan pada tahun 1998 yang pada saat itu nilai tukar dollar terhadap rupiah mencapai 18000 rupiah per dollar. ini membuktikan bahwa bangsa ini sedang mengalami kemajuan atau pembangunan karena masalah-masalah didalam negeri kian sedikit, meskipun pernah harga cabai melambung tinggi hingga 70ribu rupiah per kilogram. itu membuat usaha makanan atau catering terutama makanan padang mulai menaikkan tarif makanan mereka dengan alasan harga cabai yang kian hari makin mahal.

               Sebaiknya indonesia seperti pada saat almarhum Soeharto menjabat sebagai presiden, harga barang pokok dan apapun sangat murah dan tidah pernah ada yang berdemonstrasi karena harga barang pokok yang mahal. meskipun cara almarhum tidak bagus, contohnya saja para petani diwajibkan menjual hasil bumi mereka dengan harga yang sangat murah. cara itu tidak baik karena petani mengalami kerugian semata sedangkan para orang mampu menikmati harga yang sangat murah tersebut. bangsa indonesia pada era soeharto sangat makmur, lapangan pekerjaan banyak dan tidak ada yang mengalami kelaparan. 

              Namun dampak dari kepemimpinan almarhum soeharto dirasakan bangsa kita pada saat ini. hutang di luar negeri yang mencapai 2000 triliun rupiah. itu merupakan hutang yang sangat banyak hingga ada salah satu pakar ekonom yang mempunyai pendapat : "tiap orang di indonesia dan yang baru lahir mempunyai hutang masing-masing 20 juta rupiah untuk melunasi hutang bangsa kita" . apakah kita tidak tercengang mendengar hal ini? namun saat ini hutang bangsa kita perlahan-lahan mulai berkurang, hingga pada tahun 2010 hutang kita di luar negeri tinggal 1000 triliun rupiah. 

              Bahkan bangsa kita pernah indeks harga saham gabungannya menjadi nomer 1 di asia. bukankah itu merupakan suatu pencapaian yang membanggakan? dimana negara-negara besar seperti amerika serikat, inggris, cina dan lain-lain menurun, namun negara kita mengalami kenaikan yang signifikan. saat ini mulai banyak para investor asing mulai menanamkan modal ke negara kita karena negara kita yang sekarang keadaan perekonomiannya mulai membaik. 

              Ini merupakan suatu kebanggaan bersama bagi bangsa kita. semestinya kita sebagai generasi bangsa semestinya membangun negeri kita tercinta ini agar menjadi bangsa yang kuta, bangsa yang dikagumi dan disegani. kita dulu sempat dijuluki "macan asia" karena kehebatan negeri kita ini. kita semestinya bisa membuat bangsa ini menjadi macan asia kembali. mari kita ajak seluruh bangsa indonesia ini, mari kita semua membangun dan menata kembali negeri kita yang tercinta ini .

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar