Selasa, 11 Desember 2012

Akuntansi


AKUNTANSI
(Arti Kata Dan Lapangan Khusus Akuntansi)

Makalah
Ditulis Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah Bahasa Indonesia



  

Oleh
Mohammad Faqih
NPM : 24210496


PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2012


Akuntansi

A.     Arti Kata
Akuntansi sering disebut juga bahasa dunia atau the language of business. Perubahan di dalam masyarakat kita karena pertambahan kegiatan akan disumbangkan dengan “bahasa” ini yang dilaksanakan berupa pencatatan dan menginterprestasikan data dasar ekonomi baik untuk perorangan, perusahaan, pemerintah dan badan-badan lainnya. Pembuatan keputusan didasarkan informasi sangatlah penting untuk penyebaran / pendistribusian yang efisien dan penggunaan sumber negara yang jarang. Karena itu akuntansi merupakan peraturan penting di dalam dunia ekonomi dan system social.
   Akuntansi berkaitan dengan proses pecatatan, pengklasifikasian dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan transaksi perusahaan dan kejadian lainnya. Artinya akuntansi sebetulnya lebih luas.

B.     Lapangan Khusus Akuntansi

Dalam penjelasan ini akan disampaikan lapangan-lapangan pekerjaan khusus tentang akuntansi, dan sebagaimana pentingnya akuntasi dalam memberikan informasi baik untuk menejemen, kreditor-kreditor, perbankan, pemerintah atau lembaga lainnya.
1.      Auditing dan Investigation (Pemeriksaan Keuangan)
Auditing dan Inverstigation merupakan suatu lapangan kegiatan akuntansi yang khusus membicarakan General Accounting Auditing yang biasa dikerjakan Akuntan Publik. Di dalam melaksanakan ttugasnya, Akuntan-akuntan mengadakan pemeriksaan terhadap catatan-catatan, laporan-laporan dan akhirnya mengeluarkan suatu pernyataan pendapat mengenai kewajaran Laporan Keuangan,
2.      Cost Accounting (Akuntansi Biaya)
Cost Accounting adalah bidang yang menekankan akuntansi untuk menghitung biaya terutama biaya-biaya produksi dan proses pembuatannya dari pada akutansi untuk perusahaan. Sebagai tambahan, satu fungsi penting dari Cost Accounting yaitu mengumpulkan dan menginterprestasikan data biaya, membuat analisa dan taksiran.
3.      Management Accounting
Yang diartikan management accounting adalah petugas yang menganalisis mengenai sejarah, dan menaksir data yang berkaitan dengan management secara kontinu, bekerja merencanakan operasi perusahaan untuk waktu mendatang.
4.      Tax Acoounting (Akuntansi Perpajakan)
Bertalian dengan masalah mempersiapkan pengembalian pajak dan pertimbangan pertanggung jawab pajak serta mengumpulkan transaksi perusahaan atau mencari alternatif pelaksanaan yang terbaik.
5.      Accounting System (Sistem Akuntansi)
Adalah lapangan khusus yang berhubungan dengan penciptaan prosedur akuntansi dan peralatan serta menentukan langkah-langkah untuk mengumpulkan dan melaporkan mengenai data keuangan (financial data).


Daftar Pustaka

Dharma Tintri Ediras Sudarsono, Pengantar Akuntansi 1, 1991, Seri Diktat Kuliah, Depok

Dharma Tintri Ediras Sudarsono, Pengantar Akuntansi 2, 1991, Seri Diktat Kuliah, Depok




            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar